4 HAL PENYEBAB MOBIL TERBAKAR

Belum lama ini, kita dihebohkan dengan kasus kebakaran mobil yang menimpa Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad. Kejadian tersebut tentunya datang bukan tanpa sebab. Tak juga menimpa hanya beberapa jenis mobil saja. Semua tipe jenis mobil bisa berpotensi mengalami hal serupa.
setidaknya ­­4 penyebab mobil bisa terbakar sendiri dengan tiba-tiba. Bisa dikarenakan kesalahan pemilik mobil, ataupun persoalan teknis seperti kelistrikan dan kesalahan modifikasi. Berikut 4 faktor penyebab mobil terbakar sendiri versi weare channel :

1. KORSLETING
Karena ada konsumen yang tak puas dengan mobil bawaan pabrik, maka tak heran sejumlah konsumen justru melakukan tambahan aksesoris atau modifikasi. Tak terkecuali pada bagian yang menggunakan aliran listrik.
Sistem kelistrikan yang dimodifikasi secara sembarangan bisa menyebabkan terjadinya korsleting.
Nah, terjadinya kebakaran sendiri bisanya dilakukan modifikasi tanpa mempertimbangkan bagian-bagian secara detail. Termasuk pemotongan dan penyambungan kabel yang tak sempurna.
Salah satu contoh modifikasi yang berpotensi dapat menyebabkan kebakaran adalah mengubah lampu utama atau foglamp dengan lampu aftermarket yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.

2. MESIN OVERHEAT
Mesin mobil yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan overheat atau suhu terlalu panas. Panasnya mesin mobil dapat menyebabkan suhu oli sangat tinggi sehingga menetes atau bocor ke bagian yang bisa memantik api.
Biasanya mesin mobil yang mudah panas disebabkan oleh kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna. Kerusakan bisa menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien, pembakaran tidak sempurna, sehingga dapat menyebabkan beban kerja konverter katalisis terlalu besar.
Konverter katalisis atau catalytic converter (CC) berfungsi menyaring hidrokarbon dan polutan lain yang dihasilkan oleh mesin. Suhu CC bisa mencapai 1.000 derajat Celcius jika terlalu panas, bisa menyebabkan kebakaran interior mobil.
Keadaan mesin yang panas bisa segera diketahui dari indikator pada dashboard. Jika hal ini terjadi, segera pinggirkan mobil dan matikan mesin.

3. KEBOCORAN BAHAN BAKAR DAN OLI
Terdapat cairan mudah terbakar yang bersirkulasi ketika mobil dijalankan. Seperti bensin, solar, oli mesin, oli transmisi, oli power steering dan bahkan cairan pendingin mesin. Semua cairan ini bisa terbakar jika selang atau tangkinya bocor.
Kebocoran adalah penyebab utama dalam berbagai insiden kebakaran mobil. Dalam suhu sekitar 7,2 derajat Celcius, bensin bisa terbakar dengan percikan kecil, seperti api yang berasal dari ruang bakar mobil.
karena adanya kebocoran pada oli mesin. Tetesan oli mesin dapat terbakar bila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot.
Di samping itu, jika tidak rutin mengganti oli sesuai ketentuan, maka senyawa kimia dalam oli akan berubah. Perubahan tersebut akan berimbas pada mesin yang jadi cepat panas, komponen di dalamnya aus, dan berpotensi terjadi kebakaran jika terpercik.

4. BARANG MUDAH TERBAKAR
gara-gara menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang-barang seperti bensin, tinner, parfum cair, atau korek api gas rentan terbakar jika disimpan di dalam kabin.
Terlebih jika mobil itu diparkir di ruang terbuka dalam waktu lama. Barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran.
ternyata menyimpan air mineral dalam botol plastik di dalam mobil ternyata dapat menimbulkan api. selengkapnya bisa langsung lihat video dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *